palembang

Kota Palembang dan Sejarahnya

Sejarah Palembang yang pernah menjadi ibu kota kerajaan bahari Buddha terbesar di Asia Tenggara pada saat itu, Kerajaan Sriwijaya, yang mendominasi Nusantara dan Semenanjung Malaya pada abad ke-9 juga membuat kota ini dikenal dengan julukan “Bumi Sriwijaya”.

Berdasarkan prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang sebelah barat Kota Palembang yang menyatakan pembentukan sebuah wanua yang ditafsirkan sebagai kota pada tanggal 16 Juni 688 Masehi menjadikan kota Palembang sebagai kota tertua di Indonesia.

Di dunia Barat, kota ini juga dijuluki Venice of the East (Venesia dari Timur). Salah satu versi asal usul nama Palembang yaitu mengaitkan kata kedalam Bahasa Jawa. “limbang” berarti membersihkan biji atau logam dari tanah atau benda-benda luar lain.

Pemisahan dilakukan dengan bantuan alat berupa keranjang kecil untuk mengayak tanah berkandungan logam atau biji di aliran sungai adalah kata depan yang dipakai orang Jawa untuk menunjuk suatu tempat berlangsungnya usaha atau keadaan.

Versi ini terkait erat dengan peran Palembang pada masa lalu sebagai tempat mencuci emas dan biji timah. Palembang muncul sebagai kesultanan pada tahun 1659 dengan Sri Susuhunan Abdurrahman sebagai raja pertamanya.

Namun pada tahun 1823 kesultanan Palembang dihapus oleh pemerintah  Hindia Belanda. Setelah itu Palembang dibagi menjadi dua keresidenan besar dan permukiman di Palembang dibagi menjadi daerah Ilir dan Ulu. Pada tanggal 27 September 2005, Kota Palembang telah dicanangkan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Kota Wisata Air seperti Bangkok di Thailand dan Phnom Penh di  Kamboja.

Tahun 2008 Kota ini menyambut kunjungan wisata dengan nama Visit Musi 2008 Sebagai salah satu kota besar di Indonesia menjadikan Palembang sebagai salah satu kota pelaksana pesta olahraga olahraga dua tahunan se-Asia Tenggara yaitu SEA Games XXVII Tahun 2011. Prestasi ini dilanjutkan oleh Kota ini dengan menjadi tuan rumah olimpiade se-Asia yaitu Asian Games 2018 bersama dengan kota Jakarta.